What I see, think, and feel...

A blog that reflects my simple and complicated life.

Akhir-akhir ini banyak sekali band visual-kei indie yang statusnya menjadi major atau akan menjadi major.
Pada tahun ini saja sudah ada beberapa band visual-kei indie yang sudah menjadi major. Di antaranya adalah D dan SID. Lalu pada tahun 2009, Vidoll dan Dolly juga satatusnya berubah menjadi major dengan merilis single major debut mereka.
Well, saya sih seneng aja. Band favorit saya jadi sukses sepeeti itu.

Oke,, saya mau jelasin dulu mengapa perubahan satatus dari indie ke major di Jepang sana adalah prestasi yang cukup membanggakan, terutama bagi band visual-kei.
Di Jepang sana banyak sekali band yang memulai berkarya dengan status indie dan bikin kontrak dengan indie label. Di Jepang indie label lumayan banyak,, salah satu indie label yang terkenal karena banyak menampung band Visual-kei adalah UNDERCODE PRODUCTION.
Band indie, terutama yang visual-kei, masa-masa indie adalah ajang membuktikan diri dengan musik mereka karena kebanyakan musik mereka agak susah diterima masyarakat awam.
Mereka saling berjuang satu sama lain untuk mendapat pengakuan dari masyarakat. Karena persaingan di Jepang sana sangat ketat, tidak sedikit band-band indie yang akhirnya membubarkan diri. Baik band yang baru berdiri 1 - 2 tahun atau band yang sudah berdiri lebih dari 5 tahun.

Dan ketika ada tawaran menjadi band major, tawaran ini bisa menjadi titik balik sebuah band dalam berkarir. Contoh saja Dir en Grey,, dulu ketika jaman mereka masih visual-kei indie, musik mereka masih sangat khas ala visual-kei dan dengan dandanan visual-kei. Musik Dir en Grey lama kelamaan mengarah ke hard-rock dan metal. Dan semenjak Dir en Grey menjadi major, musik mereka konsisten seperti itu walaupun ada juga beberapa lagu yang slow. Karir Dir en Grey pun juga cukup baik,, mereka berhasil menembus pasar internasional terutama Amerika sono...

Karena itulah, saya sangat bangga ketika band visual-kei indie menjadi major.. Karena saya sebeagai salah satu penggemar musik Jepang, terutama visual-kei, berubahnya status band visual-kei indie menjadi major menandakan bahwa musik mereka bisa diterima oleh masyarakat kebanyakan. Dan dengan menjadi major juga itu berarti single atau album mereka lebih mudah dicari. Benar-benar menyenangkan~

Oke,, sekian dulu postingan dari saya

0 komentar:

Posting Komentar